Bupati Jember Kukuhkan Pengurus FKUB dan FPK

Diskominfo Jember - Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto mengukuhkan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Periode 2021-2026 dan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Periode 2021-2024 di Aula PB. Sudirman Kabupaten Jember pada Rabu, 24 November 2021.

Bupati Jember mengukuhkan 17 pengurus FKUB yang terdiri dari 6 agama yang diakui oleh negara dan 35 pengurus FPK dari berbagai suku dan etnis di Indonesia.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Jember Edy Budi Susilo menyampaikan keberagaman dan kemajemukan di Kabupaten Jember mulai dari etnis dan suku harus dipelihara dengan baik. Sehingga Pemkab Jember hadir untuk memfasilitasi hal tersebut.

"Namun jika keberagaman ini tidak dikelola dengan baik, maka akan menimbulkan bibit-bibit perpecahan," pungkas Budi.

Bupati Jember berharap dengan dikukuhkannya para pengurus dapat menjalankan fungsinya untuk mengajak ke seluruh masyarakat Jember saling menjaga kerukunan dan perdamaian sesuai ajaran agama masing-masing.

"Saya sangat berharap pengurus FKUB dab FKB ini bukan hanya di kota saja namun juga berada di daerah sampai level kecamatan dan desa," pungkasnya.

Selain itu, Bupati Jember memberikan salah satu strategi kepada para pengurus yang baru dikukuhkan dalam membentuk kerukunan dan perdamaian umat beragama. Strategi tersebut ialah bagaimana dapat menyebar pemahaman yang baik, saling menghormati dan toleransi dalam keberagaman.

"Kepada para tokoh agama juga dihimbau untuk memanfaatkan perkembangan teknologi agar dapat menyaring informasi yang benar sehingga informasi di tengah masyarakat dapat kondusif," pintanya. (rf)