Pemkab Jember Meriahkan Pameran Simposium Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur 2021

Diskominfo Jember- Pemkab Jember melalui Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember dan Bagian Organisasi Pemkab Jember turut serta dalam memeriahkan Pameran Simposium Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur 2021 yang diselenggarakan oleh Biro Organisasi Pemerintahan Provinsi (Pemrov) Jawa Timur di Exhibition Hall Grand City Surabaya mulai dari 18 – 20 November 2021.

Pemeran ini dibuka oleh sambutan dari Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sekaligus didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo.

Kepala Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Jember Isnaini Dwi Susanti menuturkan bahwa pada pameran saat ini Dispendukcapil membawa inovasi pelayanan publik unggulan yakni “Bekerja dengan Cinta,”.

“Bekerja dengan cinta itu bersama-sama melayani rakyat dan berbuat sebaik-baiknya untuk rakyat, membuat rakyat bahagia dalam mengurus Admindukcapilnya,” tuturnya.

Dispendukcapil sendiri ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Jember untuk mewakili Kabupaten Jember guna mengedepankan pelayanan terhadap masyarakat terutama dalam hal pengurusan Admindukcapil yang bermacam-macam, seperti bagaimana cara warga agar memiliki KTP, merevisi KK, memiliki KIA untuk anak-anak, akta kelahiran, akta kematian, akta pernikahan bagi yang  non-muslim, dan dokumen penting lainnya.

“Program tersebut di antaranya SIP, RTH, TDS, Bekerja Dengan Cinta, Tunas Muda, Goes to School With Love, Kesingsal Wayan Adus Ketan, Kembang Kantil, dan lain-lain,” pungkas Isnaini.

Isnaini berharap dari penyelenggaraan even tahun ini yakni masuk ke dalam nominasi yang dapat menambah penghargaan sebelumnya, yaitu penghargaan dari Kementerian dalam negeri kategori “Dispendukcapil Bisa” pada tahun 2020 dapat melebihi target dalam hal KTP pemula dan pada tahun 2021 mendapat penghargaan dari Markplus tentang pelayanan publik kepada masyarakat.

“Ke depannya mungkin inovasi yang kita lakukan bisa membahagiakan pemerintah Kabupaten Jember, pelayanan juga bisa dirasakan oleh masyarakat, serta bisa membuat inovasi yang masuk kompetisi dan top layanan publik,” tambahnya.

Pada saat penyelenggaraan acara, Stan Pemkab Jember menggunakan desain tanaman tembakau yang merupakan salah satu produksi terbesar daerah dan berbagai rangkaian kata-kata menarik membuat para pengunjung tertarik untuk mengunjungi, berfoto dan bertanya-tanya seputar informasi tentang Kabupaten Jember. Acara tersebut juga dimeriahkan oleh peraga dari Jember Fashion Carnafal (JFC) dan Gus Ning Jember,

Sebagai rasa terima kasih kepada setiap pengunjung yang datang, Stand Pemkab Jember memberikan cokelat yang dikemas dengan cantic dengan kata-kata mutiara di dalamnya. (rf/uc)